Sabtu, 10 Maret 2018

Published Maret 10, 2018 by with 0 comment

Buah Khum-Khum

Buah Khum-Khum


Buah khum-khum adalah salah satu makanan khas dari suku alas Kabupaten Aceh Tenggara. Namun di daerah lain makanan ini juga ada cuma berbeda penyebutannya saja. Jika di daerah alas disebut buah khum-khum di Indonesia sendiri pada umumnya disebut dengan onde-onde. Tidak hanya di Indonesia bahkan makanan ini juga ada di beberapa negara seperti china, Malaysia, Vietnam dan philipina.

Adapun menurut sejarah nya makanan ini sudah ada sejak zaman dinasti tang china (618-907 M) yang kemudian dibawa oleh para pedagang dan petualang china ke daerah selatan china dan kemudian berkembang sampai ke asia tenggara. Di Asia Tenggara sendiri khususnya Indonesia Onde-Onde pertama kali dibawa oleh Laksamana Cheng Ho dari Dinasti Ming yang pada saat itu Indonesia berada dalam era kekuasaan majapahit. Karena daerah kekuasaan majapahit yang Luas, onde-onde ini mulai dikenal luas di Nusantara ini Dari Indonesia onde-onde ini kemudian sampe ke tanah alas (Aceh Tenggara)  makanan ini kemungkinan dibawa oleh orang padang dikarenakan kesamaan bentuknya di bandingkan daerah indonesia yang lain.

Awalnya Onde-Onde hanya berisi pasta gula merah saja dan rasanya manis. Namun di Indonesia sendiri Onde-onde ini kemudian dimodifikasi..

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Onde-onde
https://id.wikipedia.org/wiki/Buah_khum-khum
https://www.vemale.com/icip-icip/111081-menelusuri-sejarah-onde-onde-yang-harus-kamu-ketahui.html

      edit

0 komentar:

Posting Komentar